membersihkan noda karpet

Cara Membersihkan Noda Karpet Masjid Paling Ampuh dan Mudah!

Cara Membersihkan Noda Karpet Masjid Paling Ampuh dan Mudah! – Kebersihan merupakan bagian dari keimanan seseorang, terutama bagi umat Muslim. Dengan begitu dirinya sangat wajib menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan sekitarnya, salah satunya seperti tempat ibadah. Ketika menunaikan shalat maka pakaian, mukena, sarung, peci, sampai sajadah beserta karpetnya juga sebaiknya dalam keadaan bersih sehingga terhindar dari kotoran yang mendekati najis. Namun seringkali ditemukan masalah yaitu alas ibadah atau karpet masjid masih dalam keadaan kotor. Jika warnanya kusam, terdapat debu atau rontokan rambut saja masih bisa dibersihkan dengan mudah dengan berbagai macam cara. Jika tak punya banyak waktu maka bisa membawanya langsung ke jasa laundry terdekat supaya dibersihkan dengan metode khusus oleh tenaga profesional. Karpet masjid tentu menjadi wangi, bersih dan nyaman dipakai kembali. Lalu bagaimana jika bentuk kotorannya berupa noda membandel?

Membersihkan noda karpet masjid memang cenderung sulit, terlebih lagi apabila bentuknya berupa cairan yang sudah meresap sampai ke serat materialnya. Apabila terlalu lama dibiarkan begitu saja maka semakin sulit pula dihilangkan bahkan sampai meninggalkan bekas atau plak warna kekuningan. Sebagai akibatnya noda yang terus menempel di permukaan kain akan menimbulkan bau tidak sedap, sarang kuman serta bakteri, jamur yang membuat warnanya pudar serta masalah lain. Kondisi tersebut tidaklah nyaman sama sekali sehingga perlu diatasi secepat mungkin oleh para pengurus ataupun anggota jemaah masjib yang bertugas menjaga kebersihan berbagai macam perangkat di dalamnya.

Penyebab Munculnya Noda pada Karpet

Baik karpet masjid ataupun rumahan biasa sangat rentan terhadap noda apapun itu, baik dari makanan, cairan, minuman, bekas air dan lain sebagainya. Karena fungsi dari karpet dalam tempat ibadah dipergunakan oleh umum maka mempunyai resiko lebih besar karena tidak mesti harus dijaga ketat selama 24 jam layaknya barang berharga. Butuh kesadaran masing-masing jemaah masjid dalam menjaga kebersihan, keindahan dan kerapian tempat ibadah tanpa harus diminta ataupun diingatkan karena menjadi tanggungjawab seluruh umat Muslim. Meskipun begitu, kita tidak bisa menuntut setiap orang memiliki bentuk kepedulian tersebut sehingga cukup sulit sekali mencari cara mengingatkan masyarakat luas.

Sementara itu kebiasaan paling sering memicu munculnya banyak noda kotor di permukaan masjid yaitu makanan dan minuman tumpah. Seringkali jemaah membawa kemasan makanan sampai ke ruangan dalam. Meskipun tidak dikonsumsi langsung tetapi cairan tersebut menetes secara tidak sengaja dan langsung terserap ke dalam kain karpet sehingga menimbulkan noda jika tak cepat dibersihkan. Kemudian noda karena sisa air wudhu di bagian kaki yang masih kotor karena debu, lumpur, tanah, ataupun darah ketika bagian kaki ada yang terluka.

Cara Ampuh Bersihkan Noda Karpet Masjid

Sebelum membawanya ke laundry, ada beragam cara alami dan sederhana membersihkan noda karpet masjid. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Baking Soda
    baking soda

    Bahan pembuat kue ini bisa dimanfaatkan membersihkan noda seperti lumpur, debu, tanah atau yang berasal dari lingkungan luar. Taburkan atau oleskan bahan tersebut pada permukaan karpet, tunggu selama beberapa menit sampai kering. Setelah itu sedot menggunakan vacuum cleaner agar kotoran teranngkat maksimal.
  2. Perasan Jeruk Nipis
    perasan jeruk nipis

    Air jeruk nipis atau lemon bisa membersihkan noda membandel karena sifatnya mengikis kerak tersebut. Bahan ini cocok untuk menghilangkan jenis noda tinta, bekas makanan, minyak dan semacamnya. Oleskan saja pada bagian terkena noda kemudian tinggalkan sampai beberapa saat, kemudian gosok perlahan menggunakan spons bersih. Jika sudah terangkat maka bilas pakai air bersih dan keringkan.
  3. Detergen atau Sabun
    detergen

    Kedua bahan tersebut memang bisa dipakai untuk mencuci karpet serta hanya menghilangkan noda kotoran di beberapa bagiannya saja. Caranya sangat mudah, larutkan bubu k detergen dalam air kemudian celukan handuk kecil dan peras sampai kering. Pergunakan handuk basah tersebut untuk menggosok-gosok permukaan karpet masjid yang kotor sampai benar-benar hilang. Jika ingin memakai sabun maka tidak perlu dilarutkan melainkan gosok perlahan pada noda dan usap memakain spons basah. Jenis kotoran bisa hilang dengan mudah jika berasal dari makanan, tanah, ataupun debu. Sementara jika berupa tetesan tinta, minuman bewarna dan sebagainya akan lebih sulit lagi.

Ternyata membersihkan noda karpet masjid dapat dilakukan sendiri dengan cepat, mudah bahkan tanpa buang anggaran dana berlebihan. Akan tetapi apabila kondisinya sudah sangat parah maka bawa saja ke tukang laundry khusus karpet terpercaya. Setelah semuanya dibersihkan, terapkan peraturan bagi para jemaah supaya tidak membawa makanan maupun minuman ke dalam tempat ibadah untuk mengurangi resiko tumpah atau mengenai permukaan karpet kembali. Selain itu taruh beberapa keset atau lap kaki di bagian depan pintu masuk ruang shalat supaya jemaah bisa mengelap kakinya sampai kering sebelum menginjak karpet. Masalahnya karpet yang basah juga memicu munculnya jamur sehingga warnanya menguning, kehitaman dan berbau tidak sedap. Jika hal itu sampai terjadi maka proses membersihkanya bertambah sulit, butuh waktu serta metode khusus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *