merawat karpet masjid

Tips Merawat Karpet Masjid Agar Tetap Bersih dan Wangi

Tips Merawat Karpet Masjid Agar Tetap Bersih dan Wangi – Ketika karpet masjid sudah kotor apalagi sampai terkena noda membandel memang sulit sekali dibersihkan. Hal ini disebabkan bahan utamanya begitu tebal atau bahkan terbuat dari material berkualitas layaknya karpet dan permadani Turki. Tentunya harus mendapatkan perawatan khusus yang tak main-main serta metode pembersihan yang dilakukan oleh tenaga profesional. Kegunaannya bukan sekedar untuk alas ibadah shalat saja melainkan mempercantik ruang masjid itu sendiri supaya tampak artistik, menawan dan rapi. Jika karpetnya saja kotor sampai berbau tak sedap maka bisa mengurangi kekhusyukkan seseorang ketika melangsungkan proses ibadah. Kotoran yang terlalu lama menempel kemungkinan besar bakal menjadi najis kecil sehingga memicu ketidaksahan dalam shalat itu sendiri. Bukankah kebersihan adalah sebagian dari iman? Itulah sebabnya mengapa merawat karpet masjid sangatlah penting.

Apa yang Menyebabkan Karpet Masjid Kotor?

Karena diletakkan di tempat ibadah umum maka sudah pasti resiko karpet masjid akan cepat sekali kotor, berbau bahkan terkena berbagai macam noda. Apabila terlalu lama dibiarkan tanpa dibersihkan secara rutin maka bisa menganggu pemandangan serta aktivitas religi di dalamnya. Penyebab barang tersebut kotor bisa dikarenakan banyak faktor, mulai dari bentuknya debu atau kotoran padat, cairan, dan sebagainya. Adapun beberapa diantaranya seperti bekas makanan ataupun minuman tumpah, sisa tanah dari alas kaki, air bekas wudhu bercampur dengan debu, rambut dan masih banyak lagi.

Sementara itu ada pula kebiasaan masyarakat atau pengguna masjid yang seringkali kurang diperhatikan sehingga membuat karpet cepat kotor. Salah satunya tidak membersihkan sisa air di bagian kaki dengan benar sehingga mudah terserap dalam kain karpet dan membuat keadaannya lembab. Dari situlah muncul kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap serta jamur yang membuatnya bewarna kusam bahkan muncul bercak-bercak kehitaman. Kemudian kebiasaan orang membawa makanan ataupun minuman saat pergi shalat. Meskipun tidak dikonsumsi tetapi ditaruh di sebelah mereka saat beribadah sehingga beresiko tumpah atau menetes ke permukaan karpet.

Tips Membersihkan dan Merawat Karpet Masjid

Sudah menjadi tugas umat Muslim sekalian untuk memuliakan tempat ibadah, salah satunya merawat karpet masjid agar senantiasa bersih, rapi dan nyaman dipakai shalat. Adapun beberapa tips mudahnya yaitu sebagai berikut!

    1. Menggunakan Penyedot Debu

      Sedot karpet masjid
      Vacum Karpet Masjid

      Vacuum Cleaner merupakan alat paling jitu untuk menyedot dan membersihkan karpet secara tuntas. Semua jenis kotoran seperti debu, rambut menempel, tanah, pasir, dan sebagainya bisa tersedot sampai bersih. Akan tetapi mesin ini tidak mampu membersihkan bekas noda atau bercak jamur pada karpet.

    2. Membawanya ke Jasa Laundry

      Cuci Karpet Masjid
      Cuci Karpet

      Ada jasa pencucian karpet masjid dengan menggunakan metode khusus supaya tidak merusak bentuk ataupun serat kainnya. Biasanya pengurus masjid atau para jemaah bertugas piket akan membawa karpet secara bergantian ke tempat laundry tersebut supaya dibersihkan dari noda, debu, kotoran dan sebagainya.

    3. Dijemur Secara Rutin

      jemur karpet masjid
      Jemur Kerpet

      Kalau harus dibawa ke tukang laundry sesering mungkin maka akan menghabiskan dana cukup besar. Terlebih lagi jika bangunan masjid berukuran besar serta luas sehingga memakan anggaran lebih banyak. Salah satu solusi hemat adalah dengan melakukan penjemuran secara teratur, setidaknya satu atau dua minggu sekali. Tujuannya untuk menghilangkan debu, kuman, serta bau tak sedap karena karpet terasa lembab. Jemur di bawah sinar matahari pagi sampai siang hari. Kemudian bersihkan menggunakan sapu lidi khusus supaya permukaannya menjadi bersih dan terhindar dari debu.

    4. Memberikan Peraturan Tegas
      Tak ada salahnya para pengurus tempat ibadah memberikan peraturan tegas bagi para jemaah umum. Bukannya membatasi hak mereka namun demi menjaga kebersihan, kenyamanan umat beribadah lainnya ketika menunaikan shalat dengan alas karpet yang layak. Buat saja larangan membawa makanan dan minuman sampai dalam ruangan, melepas alas kaki, lap permukaan kaki sampai kering ketika menginjak karpet masjid dan sebagainya.
    5. Berikan Keset Khusus

      keset masjid
      Keset Masjid

      Terkadang dalam suatu masjid hanya tersedia satu jenis keset saja, entah itu terbuat dari kain ataupun plastik yang teksturnya kasar. Akan lebih baik menyediakan keduanya supaya ruangan bersih dari debu kasar ataupun air.

    6. Ubah Posisi Karpet masjid
      Ada satu solusi jitu merawat karpet masjid tanpa sering membawanya ke tukang laundry yaitu rajin mengubah posisi atau tata letaknya. Tujuannya supaya bagian yang sering diinjak-injak bisa berganti dengan lainnya dan meminimalisir kotoran serta aroma tak sedap yang muncul karenanya.
    7. Gunakan Pewangi Ruangan
      semprot pewangi

      Letakkan pewangi ruangan atau kapur barus di dekat karpet, seperti sudut ruangan masjid atau sebagainya. Tujuannya tak lain supaya menyerap kelembaban udara, bau apek serta membuat aroma sekitarnya menjadi lebih segar.

Itulah beberapa macam tips dan trik merawat karpet masjid yang mudah. Ternyata solusi membersihkannya tak harus dibawa ke laundry melainkan dilakukan sendiri seperti dijemur, pakai mesin sedot debu, dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *